Thursday, October 29, 2009

Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Peroksida (H2O2)

Belum lama ini di Tampa, Amerika Serikat, diselenggarakan perlombaan mobil berbahan bakar hidrogen peroksida atau H2O2. Mungkin berita ini relatif baru bagi kita. Namun, perlu diketahui bahwa reaksi dekomposisi hidrogen peroksida menghasilkan energi yang cukup besar, apalagi dengan bantuan katalis tertentu. Dan energi reaksi ini bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan mobil. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut:

H2O2 --> H2O + O2 + Energi

Energi yang dihasilkan cukup besar, dengan biaya yang diperlukan relatif kecil. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa mobil berbahan bakar hidrogen peroksida menarik. Selain itu, suara yang dihasilkannya pun unik.

Proses yang terjadi di dalam mesin sendiri adalah sebagai berikut. Hidrogen peroksida dialirkan ke dalam ruang bakar, di mana di dalamnya terdapat saringan yang terbuat dari perak atau platina, yang berfungsi sebagai katalis. Pada saat terjadi kontak, H2O2 terdekomposisi dan menghasilkan energi yang cukup besar untuk menggerakan mobil.

Dan satu lagi kelebihan mobil berbahan bakar hidrogen peroksida ini adalah bebas polusi. Tidak ada karbon monoksida (CO), oksida nitrogen (NOx), oksida belerang atau timbal (Pb) yang dikeluarkan. Yang ada hanyalah oksigen dan air. Benar-benar ramah lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan manusia.

Mudah-mudah saja mobil seperti ini bisa diproduksi secara komersial, sehingga bisa mengurangi dampak pemanasan global. (cardomain.com)

4 comments:

Eki Qushay Akhwan said...

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya di blog saya, bung Lukman.

Blog Anda hebat. Ilmu dan informasinya sangat bermanfaat.

R.MUTIARA said...

saya ingin spt anda... punya blog yg berguna bgdh...

Lukman said...

Terima kasih. Mudah2an blog ini bisa menjadi jalan sedekah ilmu buat saya.

mainan said...

Mudah-mudahan bisa segera di gunakan agar bumi ini tdk semakin panas.
http://www.mainananakonline.com