Tuesday, January 27, 2009

Bahaya Kimia Di Industri

Fakta mengenai potensi bahaya yang bersumber dari bahan kimia di dunia industri memang tak terbantahkan. Karena hampir dapat dipastikan setiap jenis industri kimia mempergunakan bahan kimia berbahaya, baik yang berupa gas, cairan maupun padatan.

Tereksposnya tubuh oleh bahan kimia berbahaya bisa berakibat buruk baik terhadap keselamatan maupun terganggunya kesehatan seseorang. Orang yang terkena langsung dengan cairan hidrogen peroksida misalnya, kulitnya akan mengalami oksidasi, berubah warnanya menjadi putih disertai dengan rasa perih dan gatal.

Bahkan pada industri kimia yang menggunakan gas karbon monoksida (CO), potensi bahayanya bisa lebih fatal, yaitu menyebabkan kematian bila sampai menghirup gas karbon monoksida dengan konsentrasi tertentu.

Sedangkan orang yang terus-menerus dalam kurun waktu yang cukup lama menghirup uap pelarut organik tertentu seperti benzene misalnya, akan cenderung memiliki gangguan pada organ ginjalnya. Bahkan mungkin anggota organ dalam tubuh lainnya pun akan mengalami gangguan pula.

Informasi tentang potensi bahaya bahan kimia, baik terhadap keselamatan maupun kesehatan, dapat kita dapatkan dari lembar keselamatan bahan atau MSDS (Material Safety Data Sheet).

Dalam MSDS juga dijelaskan bagaimana menghindari bahaya berkenaan dengan bahan kimia yang dimaksud. Termasuk pula di dalamnya jenis alat keselamatan kerja yang harus dikenakan pada saat kita sedang menangani bahan kimia tersebut. Pemakaian alat keselamatan di tempat kerja (tugas) merupakan upaya menghindari tereksposnya tubuh oleh bahaya kimia.

4 comments:

madzz said...

haloooo slaam kenal......... wahhhh artikelnya menarik sekali.... banyak pengetahuan yang saya peroleh ketika saya baca artikel anda...oh yaaa jangan lupa yaaa untuk buka blog ku di http://madszzz.blogspot.com

Lukman said...

Wah seneng banget blog saya bisa bermanfaat. Nanti deh saya mampir mas..

indra said...

terimakasih untuk informasinya,...semoga bisa memberikkan nilai manfaat..untuk orang laen..

PT. USAHA SAUDARA MANDIRI said...

wah serem juga bahan kimia, semoga artikelnya bermanfaat