Friday, March 06, 2009

Minum Teh Hijau, Gigi Terlindungi

Teh hijau dibandingkan dengan minuman lainnya ternyata tidak menyebabkan erosi pada lapisan enamel atau lapisan pelindung pada gigi. Lain halnya dengan soda, jus jeruk atau minuman ringan yang mengandung gula dan asam, mendorong terjadinya erosi pada gigi. Erosi yang dimaksud adalah rapuhnya struktur gigi yang disebabkan oleh pengikisan karena asam. Pada awalnya, erosi pada gigi muncul pada lapisan enamel, selajutnya pada lapisan dentin di bawahnya.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam General Dentistry edisi bulan Agustus yang lalu, menyebutkan pula bahwa teh hijau lebih baik jika diabandingkan dengan teh hitam dalam hal perlindungannya terhadap gigi. Hal ini dimungkinkan karena kandungan flavonoid dan anti-oksidan dalam teh hijau.

Para ahli menyarankan agar manfaat teh hijau menjadi optimal, hendaknya minum teh tidak ditambah dengan gula, susu atau jeruk, serta menghindari meminum ice tea, karena banyak mengandung gula atau asam sitrat.

Selain itu, teh hijau diyakini pula mengandung fluoride, yang berfungsi sebagai pelindung gigi. Namun, konsumsi yang berlebihan malah akan menyebabkan kerusakan pada gigi.

Bagi anda yang ingin mengetahui manfaat lain dari teh hijau, anda bisa membaca tulisan saya yang lalu, yaitu 27 manfaat teh hijau bagi kesehatan. (sumber: tehmedguru.com)

2 comments:

BLogicThink.com said...

Wah, baru denger banget nih..
O ya, masih berkaitan dengan gigi nih.. beberapa gigi saya, yang paling kerasa sih 4, semua gigi taring terasa ngilu di bagian bawah gigi, bagian depan, perbatasan gigi dengan gusi.
Gigi saya rapih lho.. terus rajin sikat gigi,putih, bersih, tapi kenapa kira2 satu bulan terakhir terasa ngilu banget yah, khususnya dibagian yang saya sebutkan tadi.
Kalau tahu cara mengobatinya (tapi jangan yang kedokter), mau dong dikasih tipsnya...
Thanks ya tipsnya :)

Lukman said...

Kok nggak mau ke dokter sih? Takut ya Mas? Mungkin ada teman lain yang bisa bantu kawan kita ini?
Tapi...terima kasih atas kunjungannya