Tuesday, August 28, 2007

Ekstrak Teh Hijau Mampu Meningkatkan Produksi Enzym Anti Kanker


Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan di Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, edisi August 2007 menunjukkan bahwa pada tubuh manusia yang mendapatkan asupan kapsul ekstrak teh hijau tanpa kafein mampu meningkatkan produksi enzim detoksifikasi (anti kanker) dalam tubuhnya.

Dr. H. Sherry Chow dari Universitas Arizona, Tucson, Amerika, menjelaskan bahwa ekstrak teh hijau dapat memberikan manfaat baik bagi mereka yang kekurangan enzim detoksifikasi dan tidak membahayakan bagi mereka yang telah memiliki tingkat enzim tersebut dalam tubuhnya.

Dalam penelitian yang dilakukannya ini, Dr. Chow mengambil sample 42 orang dewasa sehat, dengan memberikan kapsul ekstrak teh hijau yang mengandung 200 mg epigallocatechin gallate. Kapsul teh hijau tersebut mereka konsumsi setiap pagi hari sebelum makan, selama 4 minggu.

Hasilnya, terjadi peningkatan kadar enzim detoksifikasi (glutathione S-transferase enzymes) sebesar 80% dari mereka yang semula memiliki kadar enzim yang rendah, dan tidak terjadi peningkatan jumlah enzim pada mereka yang telah memiliki kadar enzim yang cukup dalam tubuhnya.

No comments: