Monday, January 19, 2009

4 Tips Sederhana Menghindari Bahan Berbahaya Dalam Makanan

Sulit memang untuk sama sekali mencegah masuknya bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh, baik secara langsung atau melalui perantaraan bahan kemasan makanan atau minuman. Sebut saja misalnya formalin atau zat pewarna berbahaya.

Nah, tips berikut mungkin dapat membantu kita menghindari atau mengurangi kontaminasi bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh kita.

  1. Pilihlah saus tomat yang dikemas dalam kemasan gelas. Dengan tingkat keasaman yang dimilikinya, saus tomat berpotensi mampu melucuti bahan berbahaya dalam kemasan kaleng.

  2. Sebaiknya hindari bahan makanan berpengawet dalam kemasan kaleng. Pilihlah bahan makanan segar atau yang diawetkan dalam keadaan beku.

  3. Gunakan pembungkus alami untuk makanan, seperti daun pisang. Hindari penggunaan kantong plastik apalagi koran bekas. Makanan atau minuman dalam keadaan panas akan mampu melucuti bahan kimia dari kemasan.

  4. Jika memungkinkan pilih makanan dengan pewarna alami saja

Tips di atas mungkin bagi sebagian orang sulit untuk melakukannya. Alasannya bisa beragam. Akan, tetapi semoga tips sederhana di atas bisa membantu mengingatkan kita semua.

No comments: