Monday, September 15, 2008

Kenali Sifat Bahan Kimia Lewat MSDS

Ada seorang teman yang bertanya “Apa yang harus kita lakukan bila gas LPG di rumah bocor?” Saya katakan kepada teman saya tersebut “Berlindunglah di tempat yang lebih tinggi, karena gas LPG cenderung ada di bawah permukaan. Ini disebabkan oleh karena density (berat jenis) gas LPG jauh lebih besar dari udara. Satu hal lagi, hindari timbulnya percikan api dari sumber apapun.”

Apa yang saya utarakan di atas, sebenarnya seluruhnya bersumber dari MSDS-nya gas LPG. MSDS? Ya, MSDS (Material Safety Data Sheet) atau Lembar Keselamatan Bahan menjelaskan dan menghimpun informasi lengkap mengenai suatu bahan kimia, diantaranya mengenai sifat dan cara penanganannya.

Seperti tulisan saya sebelumnya mengenai MSDS, dengan membaca MSDS kita akan tahu dengan pasti sifat-sifat bahan kimia yang kita hadapi. Apa yang harus kita lakukan ketika terjadi kecelakaan atau kebakaran yang melibatkan bahan kimia tersebut. Dan tentu informasi lainnya yang berkaitan dengan penanganan bahan kimia yang dimaksud.

Oleh sebab itu, bacalah terlebih dahulu MSDS sebelum menggunakan atau menyimpan bahan kimia di rumah kita. Kenali dengan cermat sifat-sifat kimia dan fisikanya. Untuk apa? Agar kita bisa aman ketika menggunakan dan menyimpannya.

Lalu dari mana MSDS bisa kita dapatkan? Seharusnya sih kita bisa dapatkan dari penjual di mana kita membelinya. Namun kalau pun tidak ada, kita bisa mendapatkannya dari sumber lain, internet misalnya.

Jadi, bacalah MSDS bahan kimia sebelum kita menggunakannya, agar kita tahu dengan pasti sifat-sifatnya. Sehingga kita bisa dengan aman menggunakannya, tanpa diselimuti oleh rasa takut.

1 comment:

Anonymous said...

Hi,

I begin on internet with a directory