Saturday, October 22, 2011

Moto Safety Pada Nomor Kendaraan

Apa yang sedang dilakukan oleh pemerintah negara bagian Victoria, Australia, patut menjadi contoh bagi pihak kepolisian Indonesia. Pada awal tahun depan pemerintah Victoria akan memanfaatkan plat nomor kendaraan sebagai tempat untuk menampilkan moto safety atau moto K3.

Rencana ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah orang luka dan meninggal akibat kecelakaan di jalan raya. Menurut catatan pemerintah negara bagian Victoria, bahwa sampai dengan periode Oktober 2011 sebanyak 218 orang meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan raya.

Ide ini memang kebilang sederhana. Akan tetapi, moto safety (safety slogans and quotes) atau keselamatan berkendara di jalan raya yang tertera pada plat nomor kendaraan akan terus mengingatkan sang pengendara ketika melihat plat nomor mobil sendiri atau melihat mobil orang lain.

Hal ini tentu merupakan media komunikasi safety atau keselamatan yang efektif, yang pada akhirnya akan ikut mempengaruhi alam bawah sadar pengemudi mobil untuk selalu mengutamakan keselamatan pada saat berkendaraan. (theage.com.au)

No comments: