Saturday, October 03, 2009

Pemenang Hadiah Nobel Tahun 2009


Salah satu pemenang hadiah Nobel tahun ini adalah Elena N Bodnar, Raphael C Lee, dan Sandra Marijan dari Chicago, Amerika Serikat. Mereka berhasil menciptakan bra yang dapat berfungsi menjadi sepasang gas masker.

Pemenang hadiah Nobel lainnya saya tuliskan juga di sini, sesuai dengan bidangnya masing-masing. Semoga catatan mengenai pemenang hadiah Nobel ini bisa memberikan inspirasi bagi kita untuk terus berkarya. Mudah-mudahan.

Kedokteran hewan: Catherine Douglas dan Peter Rowlinson dari Universitas Newcastle, Inggris, yang telah berhasil menunjukkan bahwa sapi yang diberi nama menghasilkan susu lebih banyak, dibanding dengan sapi yang tidak diberi nama.

Perdamaian: Stephan Bolliger, Steffen Ross, Lars Oesterhelweg, Michael Thali dan Beat Kneubuehl dari Universitas Bern, Swiss, yang telah berhasil menentukan mana yang lebih baik antara kepala dipukul dengan botol berisi penuh minuman atau botol kosong.

Biologi: Fumiaki Taguchi, Song Guofu dan Zhang Guanglei dari Universitas Kitasato di Sagamihara, Japan, berhasil mendemonstrasikan bahwa sampah dapur dapat dikurangi sampai dengan 90%, hanya dengan memanfaatkan bakteri yang dihasilkan dari kotoran panda raksasa.

Pengobatan: Donald L Unger dari Thousand Oaks, California, Amerika, berhasil menyelidiki penyebab radang sendi pada jari, dengan rajin memijat tulang pada persendian jari tangan kiri, bukan tangan kanannya, setiap hari selama lebih dari 60 tahun.

Ekonomi: Direktur, eksekutif dan auditor dari 4 bank Iceland berhasil mendemonstrasikan bagaimana bank kecil dapat dengan cepat menjelma menjadi bank besar atau sebaliknya.

Fisika: Katherine K Whitcome dari the Universitas Cincinnati, Daniel E Lieberman dari Universitas Harvard dan Liza J. Shapiro dari Universitas Texas berhasil menentukan secara analitis mengapa wanita hamil tidak terjungkir.

Kimia: Javier Morales, Miguel Apatiga dan Victor M Castano dari Universidad Nacional Autonoma di Mexico, yang telah berhasil membuat berlian dari tequila.

Literatur: diberikan kepada Polisi Irlandia yang menuliskan dan memperlihatkan lebih dari 50 tiket lalulintas kepada orang yang paling banyak melanggar aturan mengemudi, yaitu Prawo Jazdy. Nama Prawo Jazdy sendiri dalam bahasa Polandia berarti “Surat Izin Mengemudi”.

Kesehatan publik: Elena N Bodnar, Raphael C Lee dan Sandra Marijan dari Chicago, Amerika yang telah berhasil menciptakan bra yang dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai dua gas masker, satu untuk pemiliknya dan satu untuk orang lain yang memerlukan.

Matematika: Gideon Gono, gubernur Zimbabwe Reserve Bank, yang telah memberikan orang sebuah cara sederhana harian untuk memenej sederatan angka, dengan memberikan hasil print out bank dengan nilai nominal mulai dari 1 sen sampai 100 miliar dolar. (bbc)

2 comments:

Alwi said...

Link dah saya pasang monggo dicek di Daftar Link

Lukman said...

Terima kasih Mas Alwi. Semoga kita bisa terus bekerja sama.