Thursday, December 18, 2008

Limbah Kopi Sebagai Bahan Baku Pembuatan Biodiesel

Biodiesel, sumber energi alternatif yang terbarukan, kini sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bukan hanya dari jumlah konsumsi yang terus meningkat, akan tetapi nampak pula dari munculnya berbagai macam sumber bahan baku baru penghasil minyak biodiesel.

Sebut saja misalnya ada kacang kedelai, biji pohon jarak, minyak sawit, minyak kacang bahkan minyak goreng daur ulang bekas restoran.

Baru-baru ini para peneliti dari Nevada Amerika Serikat telah berhasil mengekstrak minyak biodiesel dari limbah kopi, seperti dipublikasikan oleh American Chemical Society's (ACS) Journal of Agricultural and Food Chemistry, sebuah media publikasi dwi mingguan.

Disebutkan dalam publikasi tersebut bahwa, limbah kopi mengandung biodiesel sebesar 10% sampai dengan 20%. Dari total kapasitas produksi kopi dunia yang hampir mencapai angka 16 milyar pon per tahun, diperkirakan berpotensi menghasilkan biodiesel sebesar 340 juta galon.

Menurut para penelitinya, biodiesel yang dihasilkan dari limbah kopi ini lebih stabil dibandingkan dengan yang diperoleh dari sumber lain, karena kandungan anti oksidannya yang cukup tinggi.

Bagaimana dengan di Indonesia? Sepertinya patut menjadi perhatian kita bersama, karena ternyata kita sebagai negara tropis memiliki potensi produksi kopi yang cukup tinggi.

No comments: