Friday, November 16, 2007

Contoh Sukses Pengelolaan Sampah Domestik


Barangkali apa yang dilakukan oleh kelompok PKK di daerah kelurahan Tamansari, Bandung patut dijadikan contoh dalam hal pengelolaan sampah domestik.

Sejak enam bulan lalu, warga yang berada di daerah tersebut mulai giat melakukan pengelolaan sampah secara swadaya, melalui program pengurangan (reduce), peggunaan kembali (reuse) dan daur ulang (recycle). Sebelumnya, sampah-sampah tersebut telah dipisahkan sesuai dengan klasifikasi organik, non-organik dan sampah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Program yang mereka lakukan ternyata dapat mengurangi volume sampah secara signifikan, yaitu sampai dengan 60%. Jumlah pengurangan yang sangat besar.

Dari kegiatan pengelolaan tersebut, sampah organik mereka jadikan kompos, sebagai pupuk tanaman. Sampah non-organik, seperti plastik bekas kemasan kopi misalnya, mereka buat menjadi aneka ragam kerajinan tangan, mulai dari pot tanaman sampai tas.

Bukan hanya volume sampah saja ternyata hasil yang mereka dapatkan, akan tetapi dari kegiatan pengelolaan sampah secara swadaya ini mampu menciptakan sumber penghasilan tambahan bagi para warganya. Sebagai contoh, hasil kerajinan tangan dari sampah plastik bekas kemasan mereka jual dengan harga antara Rp. 20,000 – Rp. 50,000 per buah.

Dikutip dari harian Pikiran Rakyat

1 comment:

Anonymous said...

awal yang baik