Friday, April 20, 2007

Konversi Satuan Pengukuran (Unit Conversion)


Pemahaman tentang konversi satuan pengukuran (unit conversion) merupakan kemampuan dasar yang diperlukan dalam kajian ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun kita tidak dapat terlepas dari satuan pengukuran. Sebagai contoh, para ibu di dapur terbiasa dengan satuan ‘tekanan’ untuk gas LPG, yang biasanya tercantum dalam satuan kg/cm2.g, bar atau psi.

Pada saat anak kita panas misalnya, kita ukur panas badannya dengan sebuah termometer. Hasil pengukurannya bisa dalam satuan derajat celcius (C) atau Fahrenheit (F).

Lalu dari mana kita bisa belajar konversi satuan? Untuk pelajar tentu dari buku-buku pelajaran seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau bisa juga Fisika atau Kimia. Sebagai pilihan, kita juga bisa memanfaatkan internet. Banyak sekali kok situs yang bisa kita jadikan rujukan.

Nah, di bawah ini adalah beberapa situs yang menyediakan informasi yang cukup memadai tentang konversi satuan pengukuran ini. Bahkan beberapa diantaranya menyediakan fasilitas konversi satuan otomatis. Selamat belajar!

UnitConversion.org
DigitalDutch.com
Convert-me.com
ScienceMadeSimple.com
Unit-Conversion.info

No comments: