Friday, March 16, 2007

Posting Tulisan Ke Dalam Blog Melalui E-mail


Posting tulisan atau artikel ke dalam sebuah blog (di blogger.com) dapat dilakukan melalui alamat e-mail. Selain menghemat waktu, cara ini pun dapat dilakukan ketika kita sedang membuka e-mail tanpa harus berkunjung terlebih dahulu ke blogger.com.

Untuk dapat mengaktifkan fasilitas ini, anda harus log in terlebih dahulu ke blog anda di blogger.com. Klik menu setting, lalu klik e-mail. Isilah kolom kosong pada alamat e-mail “Mail-to-Blogger Address” yang telah disediakan oleh blogger.com, dimana anda nantinya mengirimkan tulisan ke alamat ini. Setelah diisi jangan lupa untuk mengklik Save Settings.

Agar tidak lupa, tulis alamat e-mail di blogger.com tersebut di tempat yang mudah bagi anda atau lebih baik anda simpan di address book di e-mail account anda. Anda pun dapat memanfaatkan semua alamat e-mail yang anda miliki, bisa di plasa.com, yahoo.com atau gmail, untuk dapat menggunakan fasilitas ini.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda hendak memposting sebuah tulisan ke dalam blog melalui e-mail.

  • Sesuaikan jenis dan ukuran huruf tulisan anda di e-mail dengan setting di blog anda.
  • Apabila anda memiliki signature file di e-mail anda, pastikan apakah anda hendak mengikutsertakannya atau tidak setiap kali memposting tulisan melalui e-mail. Namun, ada baiknya anda tidak mengirimkan signature file anda terlalu sering.
  • Tetap lakukan spell check secara disiplin.

No comments: