Saturday, September 05, 2009

Ban Masa Depan, Ban Kendaraan Berbahan Kayu


Tidak lama lagi, para pemilik kendaraan di seluruh dunia akan merasakan bagaimana berkendara di atas ban kendaraan berbahan baku serat kayu. Ban tersebut nantinya akan lebih murah, performa lebih baik, tahan panas dan mampu mengurangi konsumsi bahan bakar.

Baru-baru ini para peneliti dari Oregon State University berhasil menemukan bahwa kristal mikro selulosa berpotensi menggantikan penggunaan sebagian silika sebagai reinforcing filler, pada proses pembuatan ban kendaraan. Pada penelitian tersebut, penggunaan selulosanya mencapai 12%.

Kristal mikro selulosa dapat dengan mudah dibuat dari hampir setiap jenis tumbuhan. Selama ini, serat selulosa hanya dipergunakan sebagai penguat pada produk-produk karet seperti sabuk pengaman, selang dan bahan isolasi. Sebagai bahan penguat ban, biasanya digunakan carbon black dan silika. Carbon black dan silika sifatnya sangat keras, sehingga mengurangi efisiensi bahan bakar kendaraan.

Sedangkan kristal mikro selulosa, diproduksi dari bahan yang terbarukan, jauh lebih murah, ringan dan mudah didapat. Kristal mikro selulosa dihasilkan dengan proses hidrolisa asam, dengan biaya produksi yang relatif lebih murah. (eurekaalert)

5 comments:

iklan baris instant said...

Wah ...ini bisa mengurnagi konsumsi karet dan berpengaruh terhadap petani karet, juga bisa membuat kayu-kayu semakin di tebangi untuk pembuatan ban.

semoga saja semakin banyak penemuan lain yang bermanfaat bagi manusia.

seperti misalnya bahan bakar ramah lingkungan. dulu katanya ada penemuan pemanfaatan air ( H2O ) sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, apakah memang benar demikian?

thanks

Eki Qushay Akhwan said...

This is interesting. I never did know about this. Thanks for the useful info and your visits and comments on my blog.

Dudi said...

Wuah mantap neh harga bisa murah kali ya dan bagus dong nih barangnya seeep dah tinggal tunggu tanggal mainnya aja neh Ban kapan ada dipasaran ya....

Ayu Tri said...

tapi gimana caranya ya ban yang berbahan baku kayu dapat mengurangi konsumsi bahan bakar???

terima kasih ya atas infonya...

informasi science said...

mari saling berbagi informasi tentang ilmu pengetahuan yg menarik dan bermanfaat :)