Saturday, November 29, 2008

Tips Jitu Promosi Dengan Memanfaatkan Iklan Baris

Media promosi online seperti iklan baris di internet, kini diminati banyak orang. Karena selain mudah dan tanpa perlu daftar, juga gratis. Layanan iklan baris yang dimaksud adalah situs iklan baris berbentuk blog atau weblog.

Paling tidak ada dua keuntungan yang bisa kita dapatkan. Yang pertama adalah iklan yang kita promosikan akan tetap ada, tanpa batas waktu seperti pada iklan baris model website statis. Yang kedua adalah iklan yang kita pasang akan cepat diindeks oleh blog search engine melalui teknologi RSS (Real Simple Syndication).

Nah, agar iklan baris yang kita promosikan juga terindeks oleh search engine terkemuka seperti Google.com atau directrory seperti Yahoo.com, maka perhatikanlah keyword atau kata kunci yang kita pilih.

Untuk menemukan keyword yang tepat, ikuti dua langkah mudah berikut ini:

  1. Kunjungi http://www.keyworddiscovery.com/search.html. Isi search term dengan keyword atau kata yang berhubungan produk atau jasa yang akan kita promosikan. Misalnya, kita akan mempromosikan produk sepatu anak. Masukan sepatu anak ke dalam kolom search term. Lalu klik search. Kolom search term menampilkan kata-kata yang digunakan oleh orang untuk mencari produk sepatu anak, dan kolom sebelahnya adalah jumlah pencarian dalam satu tahun terakhir. Nah sekarang kita lanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Pilih kata-kata yang paling banyak jumlah pencariannya, karena itu akan menghasilkan jumlah kunjungan yang paling banyak. Sekarang buka http://www.google.com. Sebagai keyword pertama ketik “butik sepatu dan pakaian anak” (dengan diapit dua tanda kutip) pada google search bar. Tanda “…” digunakan untuk menunjukkan seberapa banyak website atau blog yang tepat mempergunakan kata sepatu anak dalam konten website atau blognya atau secara ringkas artinya jumlah kompetitor kita. Apabila jumlah website atau blog yang ditampilkan jumlahnya kurang dari jumlah pencarian, maka itulah kata atau keyword yang tepat untuk produk atau jasa kita, karena itu artinya demand atas kata itu lebih besar dari supply-nya, sehingga peluang untuk tampil dalam google.com search result sangat besar.

Untuk keyword “butik sepatu dan pakaian anak” tidak ditemukan satu pun hasil pencarian oleh google. Ini artinya keyword tersebut sangat potensial karena tidak ada kompetitor satu pun.

Selanjutnya, lakukan kedua langkah di atas untuk search term yang lain sampai kita mendapatkan beberapa keyword yang tepat untuk iklan baris yang akan kita buat.

Di bawah ini adalah beberapa situs iklan baris gratis model weblog atau blog. Kebanyakan dari situs-situs tersebut menggunakan layanan blog gratis wordpress.

http://iklanhouse.com
http://iklanusaha.net
http://www.pasarbaris.com/
http://www.iklanbarisplus.com/
http://iklanbarisgratis.net/

Sekarang saatnya kita buat iklan barisnya dengan menggunakan kata atau keyword yang telah kita pilih di atas. Yang terpenting adalah pastikanlah bahwa keyword digunakan pada judul iklan baris kita. Selanjutnya, gunakan pula keyword tadi dalam deskripsi iklan baris kita. Manfaatkanlah semaksimal mungkin kuota jumlah kata yang disediakan oleh penyedia iklan baris gratis. Namun perlu diingat, jangan mengulang sebuah keyword lebih dari dua kali. Maksudnya adalah untuk menghindari cap spam oleh search engine.

Kurang jelas? Praktikan sekarang! Semoga berhasil…

No comments: