Monday, May 12, 2008

Info Bahaya Kesehatan Bahan Kimia B3

Heboh penggunaan bahan kimia berbahaya (B3) secara bebas dalam makanan dan minuman telah mengkhawatirkan banyak pihak. Karena yang menjadi korban kebanyakan adalah anak-anak, yang notabene menjadi pihak paling rentan terhadap pengaruh buruk bahan kimia B3.

Kondisi ini diperparah lagi dengan terbatasnya akses terhadap informasi bahaya kesehatan menyangkut penggunaan bahan kimia berbahaya.

Sebagai contoh seberapa besar dosis bahan kimia B3 yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, tingkat paparan atau exposure level, tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi gangguan kesehatan, adalah sederet informasi yang seharusnya diketahui dengan tepat.

Lalu di mana kita bisa memperoleh semua informasi tersebut secara cuma-cuma?

Adalah Departemen Kesehatan AS yang membuka akses secara bebas informasi bahaya kesehatan bahan kimia berbahaya. Semua informasi tersebut bisa kita akses melalui
http://www.atsdr.cdc.gov/toxfaq.html. Tinggal ketik bahan kimia B3 yang kita maksud (dalam bahasa Inggris), lalu dalam beberapa saat akan muncul informasi yang kita cari. Bahkan kita bisa mendownload juga file pdf-nya.

Selamat mencoba!


Buku referensi:
Perpustakaan Online

2 comments:

Anonymous said...

isi blognya bagus juga,banyak pengetahuannya nh..lumayan buat nambah ilmu :)

Lukman said...

Terima kasih Zakir.