Monday, March 10, 2008

Test Kemampuan Bahasa Inggris

Belajar tanpa praktek? Tanpa pernah di tes? Kapan bisanya…Sama halnya kita yang belajar bahasa Inggris dari mulai SMP sampai duduk di perguruan tinggi, nggak bisa-bisa. Karena kita jarang mempraktekan apa yang kita pelajari, kita jarang mau mengukur sampai dimana kemampuan kita alias nggak mau di test…

Dengan latihan, praktek atau test pemahaman dan kemampuan kita berbahasa Inggris akan mampu ditingkatkan dalam waktu lebih singkat. Dan tentu akan semakin fasih, baik itu dalam berkomunikasi atau menulis.

Test mampu mengukur level kemampuan kita saat ini. Sehingga kita bisa melakukan evaluasi di topik mana kemampuan kita mesti di asah lagi. Bila kita konsisten dengan terus belajar dan self-test kemampuan bahasa Inggris kita, saya yakin kita akan bisa melakukan akselerasi peningkatan kemampuan kita.

Ada beberapa pilihan media test yang bisa kita pilih. Bisa beli buku test, ikut kursus, les privat atau test secara online lewat internet. Yang terakhir ini menawarkan begitu banyak kemudahan dan biaya yang nyaris nihil.

Nah, berikut ini ada dua situs yang memberikan layanan gratis test kemampuan berbahasa Inggris, yaitu
www.world-english.org/test.htm dan www.english-test.net. Di situs tersebut kita bisa pilih test buat di level mana, level elementary, basic, intermediate atau advanced.

Selamat berlatih!

2 comments:

Anonymous said...

Salam. Saya adalah seorang mahasiswa dan guru di Kelas Internasional SMAN 21 Jakarta. Bahsa Inggris adalah bahasa yang wajib dipelajari oleh setiap orang.

Perkenankan saya untuk berbagi sedikit informasi. Selain situs yang memberikan test kemampuan berbahasa inggris, kita juga bisa ikut kursus bahasa inggris secara gratis di internet.

Salah satu situs yang menurut saya paling baik (dari segi fitur dan interaksi antar sesama pelajarnya) adalah Livemocha.com.

Di situs ini kita bisa belajar bahsa inggris sekaligus menambah teman dari negara lain yang juga belajar bahasa inggris. kelebihan lainnya adalah kita bisa berinteraksi dan dari pihak livemocha.com memberikan semacam progress report setiap minggunya sehingga kita bisa melihat sejauh mana perkembangan bahasa inggris kita.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Energy Healing said...

tRIMS ..
BANGET Atas informasinya ...