Tuesday, January 08, 2008

Penyakit Parkinson dan Teh Hijau

Penemuan terbaru tentang khasiat teh hijau, telah membuka harapan baru bagi para penderita penyakit Parkinson di dunia, dalam upaya mencegah penurunan kondisi fungsi syaraf atau neuro-degenerative akibat penyakit tersebut.

Polyphenols, anti oksidan, yang terkandung dalam teh hijau ternyata mampu mencegah kerusakan sel-sel syaraf pada otak, yang berperan penting dalam pembentukan dopamine-zat kimia yang bertanggung jawab dalam mengirimkan pesan dari otak dalam mengkoordinasikan gerakan anggota tubuh (seperti berjalan, makan atau berbicara).

Para peneliti menggunakan campuran polyphenols yang terdapat dalam daun teh hijau dalam melakukan penelitian ini, yaitu 50% epigalocatechin gallate (EGCG), 22% epigalocatechin (EGC), 18% epicatechin gallate (ECG) dan 10% epicatechin (EC). Campuran anti oksidan tersebut ternyata mampu melawan zat-zat kimia perusak sel seperti neurotoxin 6-hydroxydopamine (6-OHDA), reactive oxygen species (ROS) dan nitric oxide (NO).

Demikian seperti dikutip dari easier.com.

2 comments:

Lintasberita said...

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Blogspot dengan installasi mudah. Salam!

http://www.lintasberita.com/Lokal/Penyakit_Parkinson_dan_Teh_Hijau/

Lukman said...

Terima kasih. Kayak sih akan lebih baik kalo kita tukeran link, gimana?

Lukman