Saturday, August 04, 2007

Kandungan Anti Oksidan Dalam Tomat Organik


Sebuah penelitian yang telah berlangsung selama 10 tahun, menemukan sebuah fakta bahwa kandungan flavonoids – sejenis anti oksidan - dalam tomat organik 2 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan tomat hasil pertanian konvensional.

Para peneliti, seperti teruangkap dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bahwa kandungan nitrogen dalam tanah kemungkinan menjadi penyebabnya.

Hal senada juga terungkap dalam New Scientist Magazine, dimana pembentukan flavonoids didasarkan pada mekanisme pertahanan dari tanaman, karena adanya defisiensi nutrisi tanah, seperti kekurangan nitrogen dalam tanah.

Pemberian pupuk nitrogen konvensional menjadikan kelebihan suplai nitrogen ke dalam tanah, yang mengakibatkan tertahannya pembentukan flavonoids.

Flavonoids, sebagai anti oksidan telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan resiko terkena penyakit hati dan stroke.

1 comment:

cipta ade said...

Selain tomat, salah satu sumber antioksidan alami adalah teh. Menurut penelitian, kadar antioksidan segelas teh sama dengan 7 buah apel. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari teh, konsumsi 4 gelas / hari dalam keadaan tawar. Untuk info manfaat teh bagi kesehatan silakan cek www.tehkesehatan.com Semoga bermanfaat, Salam.