Monday, May 07, 2007

Pengetahuan Bahaya Merokok

Merokok berbahaya bagi kesehatan. Semua orang pasti setuju dengan pernyataan ini, termasuk para pecandu rokok sekalipun. Pengetahuan yang memadai tentang bahaya rokok bagi kesehatan diharapkan membuat orang yang belum merokok tetap tidak merokok dan para perokok yang sudah ‘terlanjur’ bisa menghentikan kebiasaan yang sangat berbahaya ini.

Berikut ini adalah fakta-fakta yang mengungkapkan tentang bahaya rokok bagi kesehatan, yang dapat anda temukan pula dengan lebih lengkap di
www.umm.edu, www.man-health-magazine-online.com, www.hazards.org, dan www.medindia.net.
  1. Asap rokok mengandung lebih dari 4,000 jenis bahan kimia, yang 43 diantaranya diketahui sebagai bahan kimia penyebab kanker. Beberapa bahan kimia tersebut terdapat pula pada racun serangga DDT, arsen, racun tikus, pelitur kayu dan pembersih cat kuku.
  2. Environmental Protection Agency (EPA) atau badan perlidungan lingkungan Amerika mengkelompokkan asap rokok sebagai bahan kimia yang bersifat karsinogen (penyebab kanker) kelas A, yang di dalamnya terdapat pula asbes, arsen, benzene dan gas radon.
  3. Asap rokok juga menjadi penyebab timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru, penyakit hati, hipertensi, stroke, kanker mulut, kanker pankreas, kanker kantung kemih, penyakit ginjal dan infeksi telinga.
  4. Secara rata-rata merokok dapat mengurangi angka harapan hidup selama 15 tahun dan jumlah kematian akibat kanker 2-4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

    Fakta-fakta di atas merupakan alasan-alasan kuat untuk berhenti merokok sekarang. Bagaimana dengan anda?

6 comments:

Tukang Ketik said...

saya pernah jatuh sakit, di opname selama 3 minggu, gara2 menjadi perokok pasif.

semoga jumlah perokok tidak meningkat

Lukman said...

Saya sangat berharap apa yang saya tulis bisa menggugah sebanyak mungkin teman agar segera menghentikan kebiasaan merokoknya. Dan yang lebih penting, tidak ada perokok-perokok baru lahir. Terima kasih atas testimoninya Mas.

love you said...

aduh, tapi kenapa saya susah banget ya berenti merokok ik :(

Forum Anak Muda said...

udah tau rokok berbahaya..
masih juga pada ngerokok...

artikelpenjas said...

terima kasih atas infonya gan...

suaraterbaru said...

terima kasih infonya gan..s
salam kenal,,,