Sunday, May 27, 2007

Mencari Cara Menurunkan Berat Badan


Sudah satu tahun belakangan ini, istri saya giat berusaha menurunkan berat badannya. Katanya sih, kurang ideal. Banyak cara sudah dicobanya. Mulai dari mengkonsumsi pil pelangsing, ikut fitnes ibu-ibu sampai membeli alat getar pembakar lemak, yang harganya cukup mahal. Tapi tetap saja hasilnya belum terlihat.

Sebagai suami, saya pun ingin juga ikut membantu. Saya pikir paling tidak saya bisa mencarikan cara bagaimana menurunkan berat badannya. Namun, saya katakan kepada istri saya bahwa menurunkan berat badan itu adalah sebuah proses. Perlu waktu untuk melihat hasilnya.

Akhirnya, saya temukan 10 tip mudah untuk menurunkan berat badan dari
www.healthcastle.com. Berikut ini saya tulis ringkasannya.
  1. Hitung kebutuhan kalori harian, dalam rangka menurunkan berat badan 1 pound per minggu (1 pound = 0.454 kg). Penurunan berat badan per 1 pound itu setara dengan 500 kilo kalori. Caranya gunakan rumus di bawah ini:
    (Berat badan [pound] x 15 + (Lamanya Aktifitas Sedang yang dilakukan [menit/hari] x 3.5) – 500) kilo kalori

  2. Banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, yang kaya akan kandungan serat, vitamin dan anti oksidan. Dengan makan sayuran dan buah perut akan cepat merasa kenyang.

  3. Perhatikan porsi makan.

  4. Hindari tidak makan, tapi kurangi porsinya tetapi agak sering, supaya kadar gula darah tetap seimbang.

  5. Hindari makanan yang diawetkan, karena biasanya banyak mengandung natrium dan lemak.

  6. Berlakulah fleksibel selama menjalankan program penurunan berat badan. Tetap konsumsi makanan favorit anda, tapi kendalikan porsinya. Ini penting supaya kita tetap merasa nyaman selama menjalankannya.

  7. Jangan tertipu oleh propaganda iklan makanan rendah kalori. Lebih baik kita pelajari label yang terdapat pada kemasannya.

  8. Hati-hati dengan minuman yang mengandung pemanis atau gula.

  9. Buatlah sebuah catatan pribadi, agar program diet kita mudah untuk dievaluasi.

  10. Lakukan kegiatan fisik (olahraga) secara teratur. Sebaiknya lakukan selama 30-60 menit setiap harinya.

Yang terpenting adalah kita mesti konsisten dan disiplin menjalankan 10 tips di atas. Karena menurunkan berat badan adalah sebuah proses dan butuh waktu sebelum kita bisa melihat hasilnya.

2 comments:

Anonymous said...

Saya Punya Solusi Untuk Menurunkan Berat Badan Dan Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Dengan Cepat Dalam 1 Bulan. Garansi 30 Hari Uang Kembali Jika Berat Badan Tidak Turun Dalam 1 Bulan. Anda Bisa Pesan Melalui http://www.MenurunkanBeratBadan.com

Anonymous said...

belajar banyak