Monday, April 02, 2007

Agar Tidak Salah Ketika Membeli Kamera Digital

Memilih kamera digital tidaklah mudah bagi sebagian orang, apalagi dengan begitu beragamnya merk dan fitur-fitur yang ditawarkan di pasaran. Berikut ini adalah tips sederhana agar anda tidak salah memilih dan membeli kamera digital yang tepat, sesuai dengan keperluan anda.
  • Pilihlah merk kamera digital yang telah lama beredar di pasaran. Selain telah terbukti kehandalannya, kamera digital yang banyak digunakan biasanya dapat memberikan layanan purna jual yang lebih baik, seperti service dan ketersediaan spare part.
  • Apakah anda lebih suka dengan fitur sistem tombol (buttons) atau putar (scroll), sebagai pemindah setting pada menu di kamera digital?
  • Pertimbangkan ukuran lensa. Dengan ukuran lensa yang cukup, anda tidak akan kesulitan mengambil gambar pada jarak dekat dengan mendapatkan sudut pemotretan yang baik. Paling tidak kamera digital dengan ukuran lensa 28 mm yang seharusnya anda pilih.
  • Perhatikan apakah kamera digital yang anda pilih memiliki pegangan untuk jari-jari anda. Fitur ini memungkinkan anda menggunakan kamera digital dalam waktu yang cukup lama tanpa harus jari anda merasa pegal.
  • Jangan keliru dengan ukuran pixels. Kamera digital dengan perbedaan ukuran pixels antara 1~2 megapixels (mp), hasilnya agak sulit dibedakan. Sebagai contoh resolusi yang dihasilkan oleh kamera digital 8 mp dan 10 mp perbedaannya tidak signifikan.
  • Time lag yang cukup besar saat tombol anda pencet dengan saat kamera mengambil gambar tidak cocok bagi anda yang sering mengabadikan obyek yang bergerak (misalnya anak anda).
  • Tipe batere. Hindari membeli kamera digital dengan tipe batere khusus, sebaliknya pilihlah yang menggunakan tipe batere standar AA. Namun, saat ini kebanyakan kamera digital menggunakan batere yang dapat diisi ulang (rechargeable), jadi anda tidak perlu khawatir. Hanya saja kapasitas pemakain batere juga mesti jadi pertimbangan.
  • Pertimbangkan juga antara kualitas dan ukuran kamera digital. Kamera digital dengan lensa yang dapat dibongkar pasang, biasanya memiliki ukuran fisik lebih besar. Namun, ukuran yang lebih besar akan membuat harganya lebih tinggi.
  • Format Memory Card. Pilihlah memory card yang kompatibel dengan operating system di komputer anda. Minimal kompatibel dengan program Windows.
  • Jangan lupakan kelengkapan asesoris kamera digital seperti charger batere, kapasitas memory card, card reader, tas dan yang lainnya.
  • Hati-hati dengan fitur Zoom. Yang anda perlukan adalah Optical Zoom bukan Digital Zoom. Optical Zoom menggambarkan kemampuan lensa kamera dan bagian lainnya dari sebuah kamera digital untuk menangkap lebih banyak cahaya dan obyek secara lebih detail dari jarak yang cukup jauh. Digital Zoom hampir sama fungsinya seperti cropping tool.
  • Pastikan bahwa kamera digital yang anda pilih dilengkapi dengan fitur Image Stabilization. Dengan fitur ini gambar yang dihasilkan akan tetap bagus hasilnya meskipun obyek yang akan diabadikan bergerak dan atau kamera tidak dalam posisi stabil pada saat tombol ditekan.

No comments: