Tuesday, March 06, 2007

4 Langkah Cepat Meningkatkan Link Popularity

Salah satu parameter terpenting untuk menentukan rangking (page rank) sebuah halaman website atau blog adalah dengan menentukan link popularity-nya. Artinya berapa banyak link sebuah website atau blog muncul di website atau blog lain. Google merupakan salah satu search engine utama yang menerapkan konsep ini.

Link popularity menjadi sangat penting artinya, karena akan menentukan seberapa tinggi posisi sebuah website atau blog pada search engine pada kata kunci atau keyword tertentu.

Nah, di bawah ini ada 4 langkah cepat untuk meningkatkan link popularity sebuah halaman website atau blog.

  1. Sering-seringlah mengunjungi forum atau discussion board yang ada hubungannya dengan topik atau tema website atau blog kita di internet. Tujuannya adalah untuk menyimpan link website atau blog kita. Berikan komentar atau jawaban atas tulisan atau pertanyaan dari member lain di forum tersebut. Namun, perlu diingat komentar atau jawaban yang kita tulis harus berkualitas dan memberikan solusi serta penjelasan yang lebih mendalam. Bukan asal komentar.
  2. Berikan tanggapan “berkualitas” atas tulisan di blog atau website milik orang lain. Jangan lupa tuliskan atau simpan link website atau blog kita. Sebelum memberikan komentar perhatikan dahulu page rank atau rangking website atau blog yang akan kita kunjungi lebih baik atau lebih tinggi dibanding website atau blog milik kita. Untuk memeriksa page rank cukup install Google toolbar ke dalam computer kita.
  3. Rajinlah menulis artikel dan mengirimkannya ke direktori artikel. Ingat jangan lupa untuk menyisipkan link website atau blog kita pada bagian akhir artikel (resources box). Bila artikel kita berbahasa Inggris, cukup mudah untuk menemukan direktori artikel lewat google. Namun, apabila artikel yang kita buat berbahasa Indonesia, mungkin blog ini (http://anekailmu.blogspot.com) merupakan salah satu direktori artikel yang dapat kita manfaatkan.
  4. Lakukan pertukaran link atau link exchange dengan website atau blog lain. Tulis email atau pesan kepada pemilik website atau blog untuk melakukan kerjasama. Yang terpenting simpanlah link website atau blog yang akan kita ajak kerjasama terlebih dahulu di website atau blog kita. Kemudian, monitor apakah ajakan kita ditanggapi atau tidak (dalam kurun waktu 1 bulan). Bila tidak mendapat tanggapan, hapus kembali link website yang bersangkutan dari blog atau website kita. Cari partner lain.

Keempat cara di atas memerlukan investasi waktu dan sama sekali tidak memerlukan biaya. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak melakukan komentar yang dapat dikategorikan Spam. Bacalah aturan atau kondisi yang dipersyaratkan oleh pemilik/pengelola website atau blog yang kita tuju. Ingat, Spam hanya akan menghancurkan kita.

Selain itu, keempat langkah di atas sekaligus juga dapat menarik orang untuk mengunjungi website atau blog milik kita.

Ada baiknya secara periodik (3 bulan sekali), lakukan pengecekan kemajuan link popularity website atau blog yang kita kelola, dengan menggunakan link popularity check yang ada di internet.

1 comment:

Anonymous said...

Kok blog ini pagerank-nya masih 3? Sudah diterapkan belum teorinya sama blog ini?

hehehe ... canda Mas
Salam kenal :)