Tuesday, December 19, 2006

Media Promosi Blog Yang Efektif

Mempromosikan blog tidak berbeda dengan mempromosikan website. Semua media promosi untuk website dapat pula dimanfaatkan untuk mempromosikan blog. Bahkan dengan kelebihan yang dimiliki oleh sebuah blog dibanding dengan website ‘konvensional’, blog lebih mudah untuk diindex oleh search engine seperti Google.

Berikut ini adalah beberapa media promosi yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan blog secara efektif. Satu hal yang perlu dan harus selalu diingat adalah jangan melakukan Spam!

  1. Search engine dan directory. Kirimkan blog Anda ke sejumlah search engine dan directory website terkemuka, seperti Google, Yahoo dan MSN. Pengunjung yang berasal dari search engine dan directory bersifat efektif dan tepat sasaran. Tidak disarankan untuk mengirimkan blog yang sama dalam kurun waktu kurang dari dua bulan. Jika blog Anda sudah diindex, kan tidak perlu lagi mengirim ulang. Bisa-bisa blog Anda malah ditolak.
  2. Blog search engine dan blog directory. Prinsipnya sama dengan search engine dan directory website, bedanya hanya blog yang diindex. Diantara yang mesti Anda kirim adalah ke Technorati, blogexplosion.com, blogtopsites.com dan blogsearchengine.com.
  3. Meta Tag. Yakinkan bahwa meta tag robots, keywords dan description telah Anda sisipkan ke dalam blog Anda, di bawah title blog Anda.
  4. Gunakan selalu keyword dalam judul tulisan atau artikel, dan isi tulisan Anda.
  5. Menulis komentar di blog milik orang lain, yang topiknya sejenis atau memiliki keterkaitan dengan topik blog Anda. Komentar harus bermutu dan dapat memberikan nilai tambah pada tulisan serta pembaca. Hindari komentar asal-asalan. Dan jangan lupa untuk menulisan link ke blog Anda. Selain untuk mendapatkan pengunjung ke blog Anda, mengisi komentar di blog milik orang lain juga dapat meningkatkan link popularity blog Anda. Namun, perlu diingat sebelum memberikan komentar, pilihlah blog yang link popularity-nya lebih tinggi dari blog Anda.
  6. Signature file. Manfaatkan email Anda sebagai media promosi blog yang efektif. Hampir semua layanan email memberikan option seperti ini misalnya Yahoo atau Plasa.com. Aktifkan signature file setiap kali Anda akan mengirimkan pesan melalui email.
  7. Link exchange. Tawarkan kerjasama untuk menyimpan link Anda di blog lain, dan Anda pun akan melakukan hal yang sama. Namun, sebelum menawarkan kerjasama, akan lebih mudah jika Anda menyimpan link ke blog yang Anda maksudkan terlebih dahulu di blog Anda.
  8. Jaga kualitas tulisan Anda dan update secara berkala. Dan pengunjung pun akan kembali lagi.

3 comments:

Anonymous said...

Infonya sangat bermanfaat. Tapi aku bingung kalau daftar di direktori Yahoo, Google atau MSN itu gimana yah?

Lukman said...

Mas Ekin, kalo mau daftar begini caranya:
1. Google: daftar lewat http://www.google.com/addurl
2. Yahoo: http://search.yahoo.com/info/submit.html
Lalu klik "Submit your site for free"
3. MSN:
http://search.msn.com.sg/docs/submit.aspx?FORM=WSDD

Semoga dapat membantu.

Lukman

ethnicart-indonesia.blogspot.com said...

nambahin meta tag gimana ya caranya? aku awam banget dlm hal ini. thanks